10 jenis makanan yang terkenal di jepang yang enak dan lezat

10 jenis makanan yang terkenal di jepang yang enak dan lezat


10-jenis-makanan-yang-terkenal-di-jepang-yang-enak-dan-lezat
jepang adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Letaknya di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan Republik Rakyat Tiongkok, Korea, dan Rusia. di samping pemandangan alam yang menakjubkan.jepang juga terkenal dengan Makanannya yang bergizi, dan lezat dengan diet berbasis di seputar produk musiman super segar

ada 10 jenis makanan atau masakan yang terkebal di dunia sebagai masakan jepang yang enak gan banyak di gemari dainatarnya sebagai berikut:

  • Sushi
  • masakan-sushi-jepang-yang-enak
    Sushi adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau sudah dimasak.Nasi sushi mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam, dan gula.

    Konon kebiasaan mengawetkan ikan dengan menggunakan beras dan cuka berasal dari daerah pegunungan di Asia Tenggara. Sushi ada;lah makanan dari hasil fermentasi ikan yang dikemas di dalam nasi bahwa cuka yang dihasilkan dari fermentasi nasi menguraikan asam amino dari daging ikan. Hasilnya ialah salah satu rasa dasar, yang disebut umami dalam bahasa Jepang
  • Ramen
  • ramen-salah-satu-masakan-jepang-yang-terkenal
    ramen adalah masakan mi kuah Jepang yang berasal dari cina. Orang Jepang juga menyebut ramen sebagai chuka soba Rebusan mi hasil buatan tangan atau buatan mesin diceburkan ke dalam sebuah mangkuk berisi kuah yang dibuat dari berbagai jenis kaldu (umumnya dengan dasar kaldu babi). Pada umumnya chasiu, menma, dan irisan daun bawang ditambahkan di atas mi sebagai lauk atau penyedap. 

    Mi yang biasanya berwarna kuning dibuat dari terigu dengan kadar gluten tinggi ditambah air dan bahan kimia tambahan seperti potasium karbonat, natrium karbonat dan kadang-kadang asam fosfat. Bahan-bahan kimia yang bersifat alkali mengubah sifat alami gluten dalam tepung terigu dan membuat mi menjadi kenyal sekaligus mengaktifkan senyawa flavonoid yang terkandung dalam tepung terigu sehingga mi berwarna kuning.
  • Unagi
  • unagi-termasuk-masakan-jepang-yang-enak
    Unagi adalah belut sungai yang dipanggang di atas arang dan dipernis dengan saus barbekyu manis. Menurut cerita rakyat, unagi adalah penangkal ideal untuk panas dan kelembaban musim panas yang menodai Jepang. Ini adalah makanan lezat yang menggugah Jepang lama dan sebagian besar restoran yang mengkhususkan diri pada belut memiliki nuansa yang sangat tradisional. Unagi segar yang ditangkap liar tersedia pada bulan Mei sampai Oktober.
  • Tempura
  • masakan-jepang-tempura-yang-praktis-di-hokabento
    tempura adalah makanan Jepang berupa makanan laut, sayur-sayuran, atau tanaman liar yang dicelup ke dalam adonan berupa tepungTempura ringan dan lembut adalah kontribusi Jepang terhadap dunia makanan yang digoreng (meski mungkin berasal dari pedagang Portugis). Makanan laut berlapis adonan dan sayuran digoreng secara tradisional dengan minyak wijen dan disajikan dengan kolam garam kecil atau sepiring kaldu rasa kecap dibumbu dengan parutan lobak untuk dicelupkan. Jangan lewatkan pada ebi-sepuluh (udang tempura).
  • Kaiseki
  • kaiseki-masakan-jamuan-khas-jepang-yang-mewah
    masakan kaiseki atau masakan Honzen termasuk makanan untuk jamuan makan malam, sebagian karya seni, kaiseki adalah masakan haute di Jepang. Ini berabad-abad yang lalu bersamaan dengan upacara minum teh di Kyoto (dan Kyoto tetap menjadi ibu kota kaiseki). Tidak ada menu, hanya sebuah prosesi kursus kecil yang disusun dengan cermat pada peralatan masak yang indah. Hanya bahan segar yang digunakan dan masing-masing piring dirancang untuk membangkitkan musim saat ini.
  • Soba
  • soba-termasuk-mie-jepang-yang-sama-enak-dengan-ramen
    adalah salah satu jenis mi Jepang yang dibuat dari tepung gandum kuda. Dalam bahasa Jepang, tumbuhan serealia gandum kuda juga disebut "soba". Selain itu, istilah "soba" juga bisa berarti mi telur asal Cina yang dimasak menjadi yakisoba atau ramen. 

    Orang Jepang mempunyai tradisi memakan soba di malam tahun baru. Soba yang dimakan di malam tahun baru disebut toshikoshi-soba (soba melewatkan tahun). Selain itu juga terdapat tradisi memakan soba sewaktu baru pindah rumah. Soba yang dimakan untuk merayakan tempat tinggal yang baru disebut hikkoshi-soba (soba pindahan). 
  • Shabu-Shabu
  • shabu-termasuk-masakan-jepang-yan- lezat
    shabu shabu adalah makanan Jepang jenis Nabemono berupa irisan sangat tipis daging sapi yang dicelup ke dalam panci khusus berisi air panas di atas meja makan, dan dilambai-lambaikan di dalam kuah untuk beberapa kali sebelum dimakan bersama saus (tare) mengandung wijen yang disebut gomadare atau ponzu. Di dalam panci biasanya juga dimasukkan sayur-sayuran, tahu, atau kuzukiri. 

    Selain irisan sangat tipis daging sapi, daging lain yang bisa dimakan secara shabu-shabu misalnya daging ayam, daging domba, ikan fugu, gurita dan ikan kakap. Gyūshabu adalah sebutan untuk shabu-shabu daging sapi. Di Hokkaido, shabu-shabu daging domba disebut Ramushabu. Shabu-shabu daging babi disebut Tonshabu atau Butashabu. Di Nagoya dikenal shabu shabu dengan ayam Nagoya Kōchin yang disebut Niwatorishabu.
  • Okonomiyaki
  • adalah makanan Jepang dengan bahan tepung terigu yang diencerkan dengan air atau dashi, ditambah kol, telur ayam, makanan laut atau daging babi dan digoreng di atas penggorengan datar yang disebut teppan. 

    Okonomiyaki adalah salah satu jenis masakan teppanyaki yang bisa dimakan begitu saja atau sebagai lauk teman nasi putih. Okonomiyaki sering dimakan dngan sendok datar yang disebut kote (hera) yang juga berfungsi sebagai sodet sewaktu membalik okonomiyaki. 

    Dalam bahasa Jepang, okonomi berarti "suka-suka" (yang disuka, yang diinginkan) dan yaki berarti "panggang" (istilah "goreng" hanya digunakan di Jepang bila makanan digoreng dengan minyak yang sangat banyak). Sesuai dengan namanya, lapisan atas (topping) okonomiyaki bisa disesuaikan dengan selera orang yang mau memakan.
  • Tonkatsu
  • adalah masakan Jepang yang terdiri atas irisan daging babi yang dilapis tepung panir dan digoreng dalam minyak yang banyak. Terdapat dua jenis hire dan rosu. Seringkali disajikan dengan irisan kubis. 

    Tonkatsu berasal dari Jepang abad ke-19. Selain disajikan sebagai hidangan tunggal, tonkatsu kadang dijadikan isi roti atau dikombinasikan dengan Kari Jepang..
  • Yakitori
  • yakitori adalah sate khas dari Jepang yang umumnya menggunakan daging ayam. ysng terdiri dari Potongan daging, kulit, hati, jantung, dan ampela dipotong ukuran kecil sekali gigit, ditusuk dengan tusukan bambu, lalu dibakar dengan api arang atau gas. 

    Satu tusuk Yakitori umumnya hanya berisi satu jenis bagian ayam, misalnya satu tusuk Yakitori yang terdiri dari 3 sampai 5 potongan daging ayam tidak pernah dicampur dengan potongan hati atau ampela. Sebagai variasi, ada juga Yakitoriya yang mencampur potongan besar daun bawang dan jamur shiitake kedalam tusukan Yakitori. 

No comments:

Post a Comment