CARA Mengetahui CIRI-CIRI Masa SUBUR Pada WANITA

CARA Mengetahui CIRI-CIRI Masa SUBUR Pada WANITA

CARA-Mengetahui-CIRI-CIRI-Masa-SUBUR-Pada-WANITA

Mentruasi atau haid merupakan proses berkala yang datang setiap bulan. dimana masa menstruasi pertama biasanya dimulai pada usia 11-15 tahun. siklus tersebut berlanjut hingga tiba masa monopause kecuali terjadi kehamilan

pada setiap masa menstruasi atau haid, darah haid yang berwarna merah gelap akan di keluarkan setiap bulan dan berlangsung selama 3-8 hari. saat ovum di keluarkan ovarium akan memproduksi hormon estrogen. hormon ini akan menebalkan dinding rahim sehingga tercipta suatu lingkungan yang siap untuk menerima kehamilan

pada pertengahan siklus ovum akan di keluarkan dan folikel ovum akan menghasilkan hormon progesteron. hormon ini selanjutnya akan lebih mempersiapkan rahim untuk menerima kehamilan. jika ovum tidak mengalami pembuahan dan kehamilan tidak terjadi , kadar hormon estrogen dan progesteron ini akan turun dan dinding rahim yang sebelumnya menebal akan meluruh seiring keluarnya darah. proses ini lah yang di sebut menstruasi.

masa subur adalah suatu masa dalam siklus menstruasi atau haid seorang perempuan saat terdapat sel telur matang yang siap di buahi. masa subur erat kaitannya dengan pelepasan satu atau lebih telur dari indung telur untuk kemudian dibuahi oleh sperma

telur yang di lepaskan ketika anda mengalami ovulusi akan bertahan tidak lebih dari 24 jam. namun karena sperma bisa hidup lebih dari 72 jam anda masih bisa mengalami pembuahan jika berhubungan intim 2- 3 hari sebelum berhubungan suami istri.

ada beberapa Cara Mengetahui Masa Subur pada seorang wanita melalui pemeriksaan medis yang bisa di lakukan oleh seorang dokter ahli kandungan dapat di ketahui ciri dan tanda-tandanya melalui
  • Perubahan Suhu Badan
  • perubahan sekresi endir
  • perubahan kadar hormon
  • pemeriksaan usg
  • uji pasca sanggama
  • hsg (histerosalifingogarfi)
Cara Paling Mudah Untuk Mengetahui Masa Subur
  • siklus menstruasi 28 hari di hitung 14 hari maka didapat masa subur hari ke 14
  • siklus menstruasi 32 hari dihiutng dari 14 hari maka di dapat masa subur hari ke 18
  • siklus menstruasi 35 hari dikurangi 14 hari maka di dapat masa subur hari ke 21
dalam islam saat menstruasi sebaiknya perempuan tidak melakukan hubungan intim dengan suami berikut beberapa alasan yang melatar belakanginya.
  1. Endometriois
  2. saat melakukan hubungan intim istri akan mengalami orgasme dan pada saat itu rahim akan berkontraksi hal tersebut mengakibatkan darah menstruasi dapat masuk kedalam perut melalui tuba falofi, kemudian dapat menyebabkan timbulnya endometriois (kista) pada tubuh perempuan.
  3. Infeksi
  4. hubungan suami istri sering menimbulkan luka dan menyebabkan endometriois mengalami peluruhan. dalam kondisi seperti ini darah haid atau sperma yang tidak steril bisa masuk kedalam tubuh dan menyebabkan infeksi zat-zat makanan yang terkandung didalam darah dapat menjadi makanan bagi kuman oleh karena itu jika darah masuk kedalam perut menjadi medium yang sangat baik bagi perkembangan biakan bakteri yang ada di dalam tubuh.

    sebaiknya suami menunggu hingga istri benar-benar bersih dan suci dari haid. setelah itu suami bisa melakukan hubungan saumi istri atau intim seperti biasa. hal ini sesuai ajaran islam yang melarang suami untuk menggauli istrinya. disaat sedang menstruasi.
semoga artikel cara mengetahui masa subur wanita menjadi pengetahuan dasar dan untuk mengetahui lebih lanjut sebaiknya konsultasi dengan dokter kandungan apabila anda merencanakan kehamilan.

No comments:

Post a Comment